Calendar Of Culture Event Solo 2010


Dalam upaya meningkatkan kedatangan wisatawan ke Kota Solo, telah ditetapkan sebanyak 35 Agenda budaya yang akan di gelar sepanjang tahun 2010. Agenda tersebut telah dirangkai menjadi Calender of Culture Event 2010.

4 Januari
Wilujengan Boyong Kedhaton
Lokasi : Keraton Kasunanan Surakarta
Peringatan berdirinya negara Surakarta / Peringatan Adeging Nagari Surakarta Hadiningrat. Tahun ini Nagari Surakarta genap berusia 265 tahun, dihitung sejak berdirinya pada tahun 1745. Acara diantaranya pembacaan riwayat singkat kepindahan Keraton dari Kartasura ke Desa Sala dalam tempat Macapat diikuti kenduri.

14 Februari
Grebeg Sudiro
Lokasi : Pasar Gede
Acara yang digelar untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek. Gunungan dari ribuan kue keranjang dikirabkan di sekitar pasar gede. Puluhan peserta berbusana tradisional jawa dan Tionghoa mengiringi dengan membawa lampion. Acara dimeriahkan penampilan liong, barongsai dan kesenian lainnya.

17 Februari
Solo Karnaval
Lokasi : Jalan Slamet Riyadi
Karnaval Budaya dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-265 Kota Solo yang dikenal sebagai Boyong kedhaton

21-26 Februari
Sekaten
Lokasi : Alun-alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta
Kata Sekaten berasal dari istilah agama islam, Syahadatain atau dua kalimat syahadat. Ritual untuk memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW ini dimeriahkan berbagai pertunjukan dan pasar rakyat yang memamerkan souvenir dan kerajinan tangan lainnya. Ada pula pameran benda-benda pusaka di Pagelaran Keraton.

27 Februari
Grebeg Mulud
Lokasi : Keraton Kasunanan Surakarta & Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta
Puncak dari perayaan sekaten adalah keluarnya Gunungan dari Keraton menuju Masjid Agung. Setelah didoakan, gunungan kemudian dibagikan kepada masyarakat.

28 Februari – 1 Maret
Tatacara Adang Tahun Dal 1943 ISKS PB XIII
Lokasi : Gondorasan Keraton Kasunanan Surakarta
Event ini dilaksanakan 8 tahun sekali. Pada hari pelaksanaan SISKS PB XIII dan sentana dalem menanak nasi dengan menggunakan dandang Kyai Duda. Nasi berasal dari beras rajalele yang ditanam khusus untuk acara ini dan dipupuk organik dengan kotoran kerbau bule Kyai Slamet. Sedangkan beras dimasak dengan menggunakan air yang diambil dari 7 sumber mata air.

14 April
Mahesa Lawung
Lokasi : Keraton Kasunanan Surakarta & Hutan Krendhawahana
Ritual adat keraton kasunanan Surakarta untuk memohon keselamatan dan supaya terhindar dari segala macam mara bahaya. Peserta upacara berangkat dari Gondorasan ke Bangsal Sewayana Keraton Surakarta kemudian seterusnya menuju ke Hutan Krendhawahana di Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar (14 Km arah utara Kota Solo). Tempat ini dianggap sakral dan merupakan tempat semedi para leluhur Keraton Mataram. Dalam upacara juga disiapkan sesajen berupa sebuah kepala kerbau dengan ubarampenya.

28-30 April
Bengawan Travel Mart (BTM)
Lokasi : Solo dan kota-kota sekitarnya
Mempertemukan para sellers dan buyers pariwisata untuk perdagangan ataupun pengenalan terhadap potensi pariwisata

29 April
Solo Menari
Lokasi : Jalan Slamet Riyadi
Tarian seharian penuh di sepanjang jalan utama Kota Solo.

22-23 Mei
Festival Kuliner
Lokasi : Solo
Ekspose keanekaragaman makanan-minuman khas jawa, khususnya Solo. Namun ditampilkan juga makanan khas dari daerah lain di Indonesia serta dari manca negara.

14-16 Juni
Seni Kampung Solo
Lokasi : Kawasan Mangkunegaran
Menampilkan seniman-seniman kampung yang memiliki kemampuan dan bakat seni tinggi.

18-20 Juni
Kreatif Anak Sekolah Solo (KREASSO)
Lokasi : Kawasan Mangkunegaran
Ajang untuk menampilkan kreativitas anak-anak sekolah, pentas seni, unjuk prestasi siswa, dsb.

20-24 Juni
Solo Batik Fashion
Lokasi : Ngarsopuro
Peragaan busana adikarya batik dari desainer-desainer busana batik yang didukung oleh para produsen batik besar, menengah maupun kecil.

22-24 Juni
The Asia Pacific Ministerial Cenference on Housing and Urban Development (APMCHUD)
Lokasi : Hotel Sunan
Solo menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Menteri-menteri Perumahan dan Pembangunan Perkotaan se Asia Pacifik. Di sela-sela konferensi akan digelar performance art yang merupakan kekayaan budaya Kota Solo.

23 Juni
Solo Batik Carnival
Lokasi : Jalan Slamet Riyadi
Karnaval yang mengambil tema batik. Untuk itu bahan yang digunakan para peserta semuanya juga batik. Tahun 2008 dan 2009 acara ini mampu menyedot perhatian ratusan ribu orang. SBC digelar untuk mengangkat citra batik dan Solo sebagai Kota Batik. Ratusan model akan memperagakan busana batik, merupakan kreasi mandiri peserta karnaval dalam tampilan dan desain yang makinatraktif, memikat dan berani.

2-3 Juli
angkunegaran Performing Art
Lokasi : Pura Mangkunegaran
Pentas seni budaya karya adiluhung Dinasty Mangkunegaran.

3 -5 Juli
Kemah Budaya dan Festival Dolanan Bocah
Lokasi : Alun-Alun Selatan Keraton Kasunanan Surakarta
Pembelajaran kemandirian pelajar sekoloah (SD,SMP,SMA) dalam nuansa budaya dan ekspose jenis – jenis permainan anak tradisional ,bauk yang masih dimainkan anak-anak maupun yang saat ini masih langka dijumpai.

8 Juli
Wiyosan Dalem Tingalan Jumeneng Dalem ISKS XIII
Lokasi : Keraton Kasunanan Surakarta
Upacara peringatan kenaikan tahta SISKS Paku Buwono XIII..Dalam acara ini dipergelarkan tarian sakral Bedaya ketawang, yang tidak semua penari bisa melakukan dan hanya dagelar dalam event yang sangat khusuis.Pada saat ini biasannya juga dilakukuan pemberian gelar kebangsawanan kepada orang-orang yang dianggap berjasa kepada keraton.

9-10 Juli
Keraton Art Festival
Lokasi : Keraton Kasunanan Surakarta
Ajang yang mempertunjukkan warisan budaya Keraton yang tangible (koleksi pusaka,peninggalan artefak,dll)serta yang intangible (upacara adat,peragaan busana Keraton,tarian,konser karawitan dsb.

16-18 Juli
Solo International Performing Art ( SIPA }
Lokasi : Solo
Sebuah pentas seni pertunjukkan yang mampertotonkan kekayaan pusaka non-bendawi (Intangible Heriltage),tak hanya dari solo,tetapi juga dari daerah –daerah lain di Indonesia serta dari manca negara.

23-24 Juli
Solo Keroncong Festival
Lokasi : Solo
Menampilkan para seniman keroncong nasional maupun lokal,dalam upaya melestarikan musik tradisi dan memupuk rasa nasionalisme.

23 Juli
Pinjung Kencong
Lokasi : Museum Radya Pustaka
Event untuk memperagakan,memperkenalkan dan melestarikan tata busana tradisional anak-anak.

29 Juli
Grand Final Pemilihan Putra-Putri Solo (PPS)
Lokasi : Ngarsopuro
Puncak acara dari rangkaian acara proses pemilihan Putra-Putri Solo 2010.

6-8 Agustus
Solo International Ethnic Music (SIEM)
Lokasi : Solo
Tahun ini merupakan yang ke 3, setelah SIEM 2007 dan SIEM 2008.Sebuah panggung untuk menampilkan musik etnik dari solo,daerah-daerah lain di Indonesia serta dari mancananegara.

31 Agustus – 1 September
Malam Selikuran
Lokasi : Keraton Kasunanan Surakarta & Taman Sriwedari
Ritual tradisional Keraton Surakarta Hadiningrat dan masyarakat Solo yang dilakukan setiap malam ke-21 Bulan Ramandhan, untuk memperingati Nuzulul Quran ( saat Alquran, Kitab Suci Agama Islam, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Acara ditandai dengan kirab 1.000 tumpeng dari halaman Pagelaran Keraton menuju Taman Sriwedari, yang diikuti para prajurit keraton, serta barisan 21 lampu ting yang melambangkan peringatan ”Malem Selikuran”.

10-11 September
Grebeg Pasa
Lokasi : Keraton Kasunanan Surakarta & Masjid Agung Keraton Kasunanan SurakartaUpacara tradisional yang digelar berkaitan dengan Hari Raya Idul Fitri. Pada saat itu dilaksanakan prosesi membawa gunungan dari Keraton Surakarta ke Masjid Agung.

11-21 September
Pekan Syawalan
Lokasi : Taman Satwa Taru Jurug dan Taman Balekambang
Rangkaian peringatan syawalan yang dipusatkan di TSTJ dan Taman Balekambang.

26-27 September
Festival Keraton Sedunia
Menampilkan keagungan budaya Kerajaan dari berbagai belahan dunia yang masih bertahan hingga saat ini.

9-10 Oktober
Bengawan Solo Gethek Festival
Lokasi : Langenharjo & Jurug
Kontes Gethek untuk mengenang dan melestarikan masa-masa Bengawan Solo sebagai alat transportasi utama.

24-26 Oktober
Pasar Seni Balekambang
Lokasi : Taman Balekambang
Menyuguhkan pentas seni, budaya maupun lukisan yang merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Taman Balekambang.

18 November
Grebeg Besar
Lokasi : Keraton Kasunanan Surakarta & Masjid Agung
Ritual tahunan untuk memperingati Ibadah Haji (Idul Adha). Acara ini berlangsung didepan Masjid Agung Solo. Puncak perayaan ditandai saat Hajad Dalem Gunungan dibawa dalam prosesi dari Keraton Surakarta menuju Masjid Agung.

November
Kirab Apem Sewu
Lokasi : Kampung Sewu
Kirab yang digelar warga Kampung Sewu, Jebres, sebuah kawasan ditepian Bengawan Solo. Ada 1.000 apem yang dikirapkan (diarak) disekeliling kampung. Apem-apem itu diusung dalam berbagai wadah dan bentuk. Setelah didoakan, apem-apem tersebut kemudian dibagikan kepada warga karena dipercaya membawa berkah.

8 Desember
Kirab Malam 1 Sura
Lokasi : Keraton Kasunanan Surakarta & Pura Mangkunegaran
Perayaan Tahun Baru menurut Kalender Jawa. Malam satu suro jatuh mulai terbenam matahari pada hari terakhir bulan terakhir kalender Jawa (30/29 Besar) sampai terbitnya matahari pada hari pertama bulan pertama tahun berikutnya ( 1 Suro ).
Di Mangkunegaran dilakukan Jamasan (pencucian) benda pusaka kemudian dikirabkan keliling Pura Mangkunegaran.
Di Keraton Surakarta, ritual 1 Sura juga dilakukan kirab benda-benda pusaka mengelilingi Benteng Keraton pada dini hari tanggal 8 Desember. Yang menarik adalah ikut sertanya beberapa kebo bule ( kerbau albino) sebagai cucuk lampah ( yang mengawali romongan peserta kirab )

15 Desember
Wiyosan Jumenengan SP KGPAA Mangkoenagoro IX
Lokasi : Pura Mangkunegaran
Peringatan naik tahta Kanjeng Gusti Pangeran Arya Adipati (KGPAA) Mangkoe Nagoro (MN) IX, Penguasa Pura Mangkunegaran Solo. Dalam acara ini digelar tarian sakral Bedoyo Anglir Mendung. Sehari sebelumnya dilakukan wilujengan selamatan.

18-19 Desember
Festival Sura
Lokasi : Keraton Kasunanan Surakarta & Pura Mangkunegaran
Menampilkan pertunjukan berbagai jenis kesenian dalam rangka memperingati Bulan Sura.

Satu Tanggapan

  1. KAMI DARI ESDE CATERING, INGIN MENAWARKAN KERJA SAMA DI BIDANG SEKSI KONSUMSI ,HUBUNGI KAMI DI 085853318659
    Kami akan datang .terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: